Perpus Semesta

Perpustakaan & Kolektif Buku

Menebar Keceriaan Bersama Semestarian

_MG_9743

Banjir besar menyisakan jalan jalan berlubang dan berlumpur, air menggenang dari sisa sisa banjir kemarin yang sempat merendam ladang, rumah, dan tawa penduduk kecamatan Patia di Pandeglang. Kondisi ini disebabkan oleh wilayah yang berupa cekungan serta meluapnya sungai Cilember, yakni sungai besar di Pandeglang yang menampung sungai Goyang Lidah, Cisata dan Cikadeuen.

Dengan semangat berbagi, Perpustakaan Semesta & Adam n Sun Foundation bergerak menggagas program pasca bencana: Trauma healing untuk anak anak korban bencana banjir, yang didukung juga oleh Rumah Buku Cilegon. Bersama sama sepakat mendirikan Pos Ceria Semestarian (24-27 Januari 2013) di dua lokasi, SDN Rahayu dan SDN 4 Pagelaran. Program-program yang digagas menitikberatkan pada kegiatan fun learning, diantaranya: Galileo Jr, Dream Trigger, Story Telling dan Permainan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan kembali gairah belajar dan keceriaan pada anak anak selepas masa sulit yang mereka rasakan selama bencana banjir.

Tiga ratus lima puluh anak berkumpul di dalam ruangan, tiga ratus lima puluh antusias membuncah tinggi setiap kali mengikuti kegiatan yang diseleggarakan di SDN Rahayu, Patia. Sedangkan sembilan puluh anak di SDN 4 Pagelaran begitu hingar bingar dan tidak pernah absen terhadap program program yang diadakan oleh Pos Ceria. Sepertinya jejak lelah tidak membekas di wajah lugu mereka, meskipun kegiatan berlangsung dari pagi sampai malam hari.

Hangatnya sambutan masyarakat dengan keberadaan Pos Ceria dari teman-teman Semestarian sangat mendukung kegiatan yang dilakukan, bahkan orang tua dan masyarakat sekitar tidak malu-malu untuk bergabung bersama anak anak berkenalan lebih dekat dengan ilmu astronomi, pembelajaran yang digunakan yaitu melalui media video, aplikasi komputer Celestia dan Stellarium dalam program Galileo Jr.

Permainan yang dilakukan adalah permainan yang mengasah kemampuan kerjasama kelompok, ketangkasan, wawasan dan percaya diri setiap anak. Dalam hal ini Semestarian mengombinasikannya antara permainan tradisional dengan permainan seperti dalam out bound dan juga dibarengi dengan pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan umum serta menyisipkan pesan moral dalam permainan Uwow Tangga.

Dalam kegiatan tersebut dibagikan buku tulis, buku buku pelajaran, alat tulis dan alat penunjang belajar. Pada program Dream Trigger yang memicu anak anak untuk berani bermimpi dan mewujudkan cita citanya, dibagikan pula pin bertuliskan AKU TIDAK AKAN PERNAH MENYERAH.

*Untuk dokumentasi kegiatan silahkan klik DISINI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 31, 2013 by in Kegiatan Semesta and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: