Perpus Semesta

Perpustakaan & Kolektif Buku

Manifesto Perpus Semesta, Manifesto tidak boleh DIAM!

“Sebagian perpustakaan memiliki sapaan khas (apabila tidak ingin menggunakan istilah purba), terhadap pengunjung bahkan sesama pengunjungnya. yaitu; Jari telunjuk terangkat seperti tertarik daya magnet, mendarat di bibir yang dimonyong monyongkan seolah membentuk tanda seru “Ssssstt…” dan pada dinding perpus tertempel sebuah seruan “DILARANG BERISIK”.


Hal tersebut sudah kami anggap BASI dan tidak berlaku di Perpus Semesta. Perpustakaan adalah tempat bersenang senang, dan DILARANG DIAM.😀

Kira kira begitulah aturan main yang diterapkan di Perpus Semesta, pengunjungnya dilarang menyepi sendiri bermuram durja di sudut ruang baca, ada banyak kesenangan yang bisa dilakukan di sebuah perpustakaan, misalnya tertawa terbahak-bahak ketika menemukan kelucuan dari buku yang di baca, atau teriak keras-keras “Edian” ketika menemukan pencerahan dalam karya penulis yang tengah diselami. Intinya, berbagi kebahagiaan dalam membaca.

Perpus Semesta sendiri berupaya untuk memenuhi fungsi sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM), yang menurut Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia Taman bacaan masyarakat adalah untuk melayani kepentingan penduduk yang tinggal di sekitarnya. Mereka terdiri atas semua lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan, umur dan lain sebagainya (1).

Namun jika pengayaan buku tidak dibarengi dengan upaya membangun kesadaran membaca, maka dikhawatirkan Perpustakaan atau Taman Baca yang dirintis akan kembali menjadi tempat angker berisi buku tua yang tidak pernah dijamah. Untuk itu berbagai upaya untuk menarik minat baca dilakukan di Sanggar Semesta, salah satunya dengan menyuarakan manifesto TIDAK BOLEH DIAM!, sehingga aktivitas membaca bisa dinikmati secara menyegarkan.

(1) Sumber: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Taman Bacaan Masyarakat, YPPI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 4, 2012 by in Manifesto and tagged , , .
%d bloggers like this: